Kamis, 05 Maret 2009

Wanita di Indonesia yang terhebat

wanita kartiniGambar wanita disamping saya rasa semua wanita di indonesia juga tahu. Ya dialah Ibu kartini tokoh wanita yang telah banyak memberi inspirasi bagi indonesia.

Nama lengkapnya adalah Raden Adjeng Kartini. Dilahirkan di jepara pada tanggal 21 April 1879.

Kartini dilahirkan sebagai seorang priyayi (bangsawan). Sampai usia 12 tahun dia dapat bersekolah di ELS (Europese Lagere School), ditempat inilah kartini mempelajari bahasa belanda.

Tak disangka rahasia wanita ini dalam kesuksesannya adalah dari ini.

Kemampuannya dalam berbicara bahasa belanda
ini mendukung aktivitas berkorespondensi (surat menyurat) dengan teman-teman belandanya. Salah satunya adalah Rosa Abendanon.

kartini juga berlangganan majalah asal belanda terutama majalah wanita(De Hollandsche Lelie). Tentu saja majalah itu menggunakan bahasa belanda. Tidak hanya membaca kartini juga beberapa kali mengirimkan artikel ke majalah wanita belanda tersebut. Yang sebagian besar bertema emasipasi wanita.

Kartini akhirnya disuruh menikah dengan Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat (bupati rembang) pada tahun 1903. Suaminya mendukung perjuangan kartini dalam membangun sekolah wanita di rembang. Pada tanggal 13 september 1904, kartini melahirkan anak pertamanya yaitu RM Soesalit. Sayang Kartini tidak sempat membesarkan anaknya, karena akhirnya dia meninggal pada 17 September 1904,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar